Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud Tahun 2020 Dibuka


Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud (Kemendikbud) tahun 2020. Informasi tentang adanya Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud dapat di cek melalui laman PKB. Berdasarkan informasi dari guru saat ini sudah ada notifikasi  Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud (Kemendikbud) tahun 2020. Bantuan Pemerintah Studi Strata 1 (S1) merupakan program beasiswa dari pemerintah untuk guru yang sedang melakukan studi Strata 1 (S1).

Pada program Bantuan Pemerintah atau Banpem S1 ini terdapat beberapa fase yang harus dilalui oleh Guru yang ingin mengikuti Program Banpem S1. Tahapan atau fase yang harus dilalui guru agar dapat memperoleh Bantuan Pemerintah atau Banpem Kuliah S1 dari Kemendikbud adalah sebagai berikut :
  • Fase 1 adalah fase bagi Guru / Kandidat untuk proses melengkapi data diri dan berkas yang menjadi persyaratan
  • Fase 2 merupakan tahap penetapan Kandidat yang lolos program Banpem S1
  • Fase 3 merupakan tahap penerimaan berkas dari Panitia Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beserta informasi perihal status penerimaan bantuan

Pengecakan Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud (Kemendikbud) tahun 2020 selain langsung dari Akun SIM PKB masing-masing guru dapat juga dilakukan melalui laman https://studi.simpkb.id/

Berikut ini Cara Daftar atau Registrasi Program Bantuan Pemerintah Kuliah S1 Tahun 2020 dari Kemendikbud ? 

Berikut ini Cara Daftar atau Registrasi Program Bantuan Pemerintah Kuliah S1 Tahun 2020 dari Kemendikbud, silahkan dibaca secara terliti panduan tahap demi tahap berikut ini.

1. Panduan Kandidat Menjawab Kuesioner

Berikut ini merupakan langkah-langkah menjawab kuesioner untuk mengikuti Program Banpem S1 :
  • Silakan akses ke https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih modul Studi Lanjut Guru - Bantuan Pemerintah
  • Lakukan pengisian surel dan password, kemudian klik MASUK. Surel adalah akun SIMPKB berupa No.UKG@guruku.id contoh : 8000014xxx@guruku.id, atau menggunakan surel alternatif yang telah didaftarkan di SIMPKB.
  •  Atau jika Anda sudah login ke laman dashboard SIMPKB sebagai PTK, Anda akan mendapatkan notifikasi berisi kesempatan untuk mengikuti Bantuan Pemerintah S1, silakan klik tombol SELENGKAPNYA
  •   Selanjutnya akan muncul konfirmasi Program Bantuan Pemerintah S1. Silakan klik pada tombol Saya Paham untuk melanjutkan dan mulai menjawab kuesioner.
  • Silakan mulai menjawab kuesioner yang tersedia dengan melakukan klik pada pilihan jawaban Anda.
  • Lanjutkan menjawab kuesioner hingga seluruh pertanyaan terjawab dan muncul konfirmasi kesediaan untuk mengikuti proses pengajuan Banpem S1 dan klik tombol Saya Berminat.
  • Setelah selesai maka Anda akan diarahkan menuju laman Beranda untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Panduan Melengkapi Identitas Diri

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melengkapi data identitas diri sebagai persyaratan untuk mengajukan Banpem S1 :
  • Pilih/klik modul menu Informasi Diri pada laman Beranda
  • Berikut adalah informasi data-data apa saja yang wajib Anda lengkapi beserta status kelengkapannya.
  • Gulirkan ke bagian bawah laman untuk melengkapi data. Pilih salah satu jenisnya kemudian klik ikon panah bawah (V) pada bagian kanan.
  • Jika pada data SIMPKB ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi data diri Anda melalui "Profilku" pada SIMPKB.
  • Jika pada data DAPODIK ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi/update data diri Anda di DAPODIK
  • Selanjutnya silakan klik tombol Ubah/Lengkapi untuk mulai mengisi/memperbaiki data.
  • Silakan Anda lengkapi data-data yang tertera pada formulir pengisian data dan pastikan data yang Anda isikan sesuai dengan berkas yang Anda unggah (KTP/NPWP). Jika sudah silakan klik tombol SIMPAN pada bagian bawah formulir.
  • Pastikan Status/Pemenuhan pada informasi kelengkapan data sudah berubah menjadi warna hijau/sudah lengkap semua.

3. Panduan Unggah Berkas Persyaratan

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk melengkapi/mengunggah berkas yang menjadi persyaratan untuk pengajuan Banpem S1 :
  • Pada laman Beranda silakan pilih/klik modul menu Berkas Pendukung
  • Pada laman Berkas Pendukung akan muncul informasi status kelengkapan berkas persyaratan. Jika masih ada yang belum lengkap silakan untuk dapat dilengkapi.
  • Pada bagian Data Diri silakan klik tombol UBAH/LENGKAPI
  • Selanjutnya klik pada area kolom yang disediakan seperti pada gambar dibawah ini.
  • Pilih berkas / file pakta integritas dalam bentuk PDF yang ingin Anda unggah dari penyimpanan pribadi Anda.
  • Jika sudah silakan klik tombol SIMPAN
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan kembali laman Berkas Pendukung dan akan muncul notifikasi bahwa berkas yang Anda unggah telah berhasil disimpan, serta status kelengkapan dokumen persyaratan telah berubah. Proses unggah berkas telah selesai.

3. Cek Data dan Ajuan Pendaftaran

Pada tahap ini Anda dapat melakukan pengecekan kelengkapan prasyarat pengajuan pendaftaran Program Bantuan Pemerintah S1. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • Pastikan seluruh data yang menjadi prasyarat telah terpenuhi / warna ikon berubah menjadi hijau.
  • Jika pada data SIMPKB ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi data diri Anda melalui "Profilku" pada SIMPKB.
  • Jika pada data DAPODIK ada yang kosong atau belum sesuai, silakan lengkapi/update data diri Anda di DAPODIK
  • Jika seluruh data yang menjadi prasyarat telah terpenuhi, selanjutnya silakan klik tombol Ajukan
  • Konfirmasi pengajuan mengikuti Program Bantuan Pemerintah S1 dengan klik "Ya"
  • Proses pengajuan mengikuti Program Bantuan Pemerintah S1 telah selesai.

Belum ada Komentar untuk "Program Bantuan Kuliah S1 Bagi Guru dari Kemdikbud Tahun 2020 Dibuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel