Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 3 Keragaman Seni Rupa Daerah

Keragaman Seni Rupa Daerah 

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 3 Keragaman Seni Rupa Daerah - Keragaman tidak menghalangi sebuah bentuk kerja sama. Malah sebaliknya. Keragaman justru semakin memperkuat kerja sama. Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, antara lain terlihat pada keragaman seni rupa daerahnya. Karya seni rupa daerah yang terdapat di Indonesia antara lain seni batik, ukiran, dan anyaman. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang dipengaruhi oleh kreativitas seniman yang membuatnya, budaya daerah setempat, ketersediaan alat dan bahan baku, teknik yang dipakai, fungsi benda yang dibuat, serta unsur keindahan.

Karya seni rupa yang disebutkan di atas merupakan contoh karya seni kriya yang pengerjaannya ditekankan pada keterampilan tangan. Seni kriya batik telah lama dikenal di Nusantara. Cara dan teknik pembuatan batik ternyata memiliki kesamaan di hampir semua wilayah di Indonesia. Yang membedakan adalah pada penggunaan warna serta motif batik tersebut.


Alat dan Bahan Membatik

Alat:
1. Canting
2. Gawangan
3. Dingklik
4. Wajan
5. Kompor

Bahan:
1. Kain Mori
2. Malam/Lilin
3. Zat Pewarna

Teknik Membatik
Teknik pembuatan batik terbagi atas tiga, yakni:
• Teknik tulis menggunakan canting sebagai alat pembuat motif.
• Teknik cap menggunakan stempel yang di atasnya sudah berbentuk ragam hias batik
• Teknik cetak atau sablon


Selain memiliki teknik pembuatan batik, motif batik juga menyimpan makna tersendiri. Misalnya motif batik parang rusak yang memiliki makna pertarungan antara manusia melawan kejahatan dengan cara pengendalian diri yang dapat membentuk manusia menjadi mulia dan bijaksana.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 3 Sub Tema 3 Keragaman Seni Rupa Daerah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel