Buku Panduan Penilaian Tes Tertulis Siswa


Buku Panduan Penilaian Tes Tertulis Siswa berguna bagi Bapak/Ibu guru dalam membuat format penilaian untuk siswa di kelas.

Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan,  dan memanfaatkan informasi hasil penilaian berkaitan dengan perkembangan dan  pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kurikulum.

Pelaksanaan penilaian aspek pengetahuan dapat dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.

Tes tertulis dilakukan dengan berbagai bentuk antara lain uraian, isian singkat, dan pilihan ganda Buku ini berisi panduan bagi pendidik dalam melakukan penilaian tertulis sehingga
pendidik dapat lebih mudah melaksanakan proses penilaian dan dapat lebih memfokuskan bentuk tes yang lebih otentik dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti  bentuk tes uraian.

Isi panduan ini disusun secara praktis dengan mengaitkan teori dan konsep-konsep penilaian tertulis yang diimplementasikan pada konteks kehidupan sehari-hari.

Mekanisme penilaian  hasil belajar  oleh pendidik  meliputi: 


  1. Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  berdasarkan  silabus.  Dalam  hal  ini,  termasuk penentuan  bentuk  penilaian  yang  sesuai  dengan  kompetensi  dasar  yang  ada  di  dalam kurikulum. 
  2. Penyusunan  instrumen  penilaian  mengikuti  langkah-langkah  pengembangan instrumen  yang  standar  yaitu  menentukan  tujuan,  menyusun  kisi-kisi,  menyusun  soal, analisis kualitatif, uji coba,  dan  analisis kuantitatif.
  3. Perakitaģn  butir  soal  yang  akan  digunakan  dalam  penilaian  sesuai  dengan  tujuan  yang akan dicapai.
  4. Pelaksanaan penilaian  oleh pendidik  dan  hasilnya ditafsirkan  sebagai bahan  laporan.
  5. Hasil  penilaian  pencapaian  pengetahuan  peserta  didik  disampaikan  dalam  bentuk angka dan/atau deskripsi.   


Selengkapnya Buku Panduan Penilaian Tes Tertulis Siswa dapat anda download pada link dibawah.

DOWNLOAD 

Preview


Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Penilaian Tes Tertulis Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel