Materi Pembelajaran Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur Serta Contohnya
A. Pengertian dan Arti Penting Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran (instructional materials) adalah bahan yang diperlukan untuk pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.Materi Pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran.
Materi yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya kompetensi inti dan kompetensi dasar.
B. Jenis-Jenis Materi Pembelajaran
1. Materi fakta : segala hal yang berwujud kenyataan dan kebenaran, meliputi nama-nama objek, peristiwa sejarah, lambang, nama tempat, nama orang, nama bagian atau komponen suatu benda, dan sebagainyaContoh :
Mata pelajaran Sejarah : Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia.
2. Materi konsep : segala yang berwujud pengertian-pengertian baru yang bisa timbul sebagai hasil pemikiran, meliputi definisi, pengertian, ciri khusus, hakekat, inti /isi dan sebagainya.
Contoh :
Mata pelajaran Biologi : Hutan hujan tropis di Indonesia sebagai sumber plasma nutfah, Usaha-usaha pelestarian keanekargaman hayati Indonesia secara in-situ dan ex-situ.
3. Materi prinsip : berupa hal-hal utama, pokok, dan memiliki posisi terpenting, meliputi dalil, rumus, adagium, postulat, paradigma, teorema, serta hubungan antar konsep yang menggambarkan implikasi sebab akibat.
Contoh :
Mata pelajaran Fisika : Hukum Newton tentang gerak , Hukum 1 Newton , Hukum 2 Newton , Hukum 3 Newton , Gesekan statis dan Gesekan kinetis, dsb.
4. Materi Prosedur meliputi langkah-langkah secara sistematis atau berurutan dalam mengerjakan suatu aktivitas dan kronologi suatu system.
Contoh :
Mata pelajaran TIK : Langkah-langkah mengakses internet, trik dan strategi penggunaan web browser dan search engine, dsb.
C. Identifikasi Jenis-Jenis Materi Pembelajaran
1. Materi Pelajaran Fakta
Contoh:Jenis-jenis binatang memamah biak, tanaman berbiji tunggal, nama-nama bulan dalam setahun,
Kata Kunci:
Nama, Jenis, Jumlah, Tempat, Lambang
2. Materi Pembelajaran Konsep
Contoh:Bujur sangkar adalah persegi panjang yang keempat sisinya sama panjang
Kata kunci:
Definisi, klasifikasi, Identifikasi, ciri-ciri, aksioma
3. Materi Pembelajaran Prinsip
Contoh:Jika permintaan naik, sedangkan penawaran tetap, maka harga akan naik
Kata kunci:
Dalil, Rumus, Postulat, Hubungan sebab akibat, jika … maka….
4. Materi Pembelajaran Prosedur
Contoh:Cara mengukur suhu badan menggunakan termometer
Kata kunci:
Langkah-langkah mengerjakan tugas secara urut/prosedural
D. Contoh Pengembangan Materi Pembelajaran dari Kompetensi Dasar
1. KD 3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebutMateri Pembelajaran (Mata Pelajaran Biologi)
· Fakta:
Komponen penyusun ekosistem.
Komponen-komponen pada daur biogeokimia yang berperan dalam membentuk
jaring-jaring makanan.
· Konsep:
Hubungan antara komponen biotik dengan abiotik dan biotik dengan biotik lainnya/ Jenis-jenis interaksi yang terjadi dalam ekosistem
Ø Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
Ø Peran mikroorganisme dalam berbagai daur Biogeokimia
· Prosedur
Ø Aliran energi dalam ekosistem.
Ø Daur biogeokimia dalam ekosistem.
2. KD 3.3 Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (PPKn)
Materi Pembelajaran
• Faktual:
o sistem hukum dan peradilan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan peraturan-peraturan lain yang terkait.
• Konseptual:
o Sistem hukum dan peradilan di Indonesia yang berazaskan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
• Prosedural:
o Mekanisme penegakkan hukum dan peradilan di Indonesia
3. KD 3.3 Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual (Matematika)
Materi Pembelajaran
· Fakta:
Ø Persamaan dan Sistem Persamaan Linear
· Konsep:
Ø Pengertian persamaan dan sstem persamaan linier
Ø Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
· Prosedur:
Ø Himpunan penyelesaian dari sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) meliputi
masalah kontekstual berkaitan dengan SPLTV dan model matematika dari permasalahan kontekstual terkait SPLTV.
Sumber
Panduan Model Pengembangan RPP oleh Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Dikdasmen, Kemdikbud, Tahun 2017
Sumber : https://zuhriindonesia.blogspot.com
makasih, manfaat niih..
BalasHapus